Tinjauan Struktural Terhadap Buruh Perempuan


Ada 2 kerangka perspektif dalam membicarakan hak asasi dan nasib kaum buruh perempuan yaitu yang bersifar kondisional dan structural.

Analisis kondisional menyangkut analisi terhadap nasib kaum buruh keseluruhan . sedangkan yang structural menyangkut [ada posisi buruh perempuan dalam keseluruhan structural  formasi sosial yang ada, dan kedua-duanya tidak bisa dipisahkan. 

Posisi buruh dalam struktur Developmentalis.
Penganut paham developmentalism mendasarkan keyakinan mereka pada asumsi bahwa Negara maju yang menganut sistem kapitalisme adalah bentuk ideal dari sistem dan struktur masyarakat yang demokratis. Dalam developmentalism hubungan antar unsur masyarakat merupakan proses dalam suatu mekanisme yang saling berkaitan dan penuh kontradiksi antar berbagai unsur dalam sistem tersebut, sehingga ada dua kategori 2 unsur penting yaitu kelas dan nonkelas. Dalam sistem kapitalisme terjadi kesatuan dalam kontradiksi antar banyak unsur, baik dalam kelas maupun nonkelas. Sehingga dalam hubungan stuktural posisi buruh memang menjadi problematic, dan disinilah persoalannya dimana ideology dan teori yang dipakai oleh developmentalism tersebut tidak meletakkan buruh sebagai faktor utama dalam pembangunan, melainkan kaum wirausaha. Sehingga secara structural akan melahirkan konflik

Menuju Perubahan Posisi Buruh.
Persoalan kaum buruh adalah akibat dari posisi structural yang tidak menguntungkan antara kaum buruh sebagai suatu entitas dari masyarakat sipil berhadapan dengan keseluruhan sector dalam Negara, seperti pemerintah, universtas, media massa, dll. Artinya posisi buruh bergantug pada teori dan visi yang diterapkan dan mereka yang mendukung dan memperjuangkan agar teori dan visi tersebut dilanggengkan.Perjuangan yang harus dilakukan unutk mengubah kaum buruh yaitu dengan cara memberikan ruang kepada buruh unutk berorganisasi secara bebas, melakukan pendidikan kritis terhadapa posisis structural mereka sebagai kelompok actor sejarah dengan cara melibatkannya menyangkut nasib mereka.

Penulis : Ni’matun Hasanah

Daftar Pustaka
Mansour Fakih, 2010, Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

5 komentar:

  1. aslinyo Buu.... Bagus Amat...!!

  2. Terima kasih..

  3. belajar mengetahui ilmu agar lebih mengetahui dunia baru

  4. belajar mengetahui ilmu agar lebih mengetahui dunia baru

  5. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    And making money with it is as simple as 1-2-3!

    Here's how it all works...

    STEP 1. Tell the system what affiliate products the system will push
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system explode your list and sell your affiliate products all on it's own!

    Do you want to start making profits???

    Click here to start running the system

Posting Komentar